Senin, 02 April 2012

Perbedaan Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK 1. Pengertian Perkembangan Peserta Didik Perkembangan peserta didik adalah proses perubahan secara psikis dalam pertumbuhan peserta didik yang terjadi pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungan yg berawal pada masa konsepsi dan terus berlanjut sepanjang hayat dan bersifat involusi. Istilah perkembangan lebih dapat mencerminkan sifat-sifat yang khas mengenai gejala-gejala psikologis yang menampak, seperti aspek-aspek intelek, emosi, sosial, bahasa, bakat khusus, nilai dan moral, serta sikap. 2. Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik Pertumbuhan peserta didik merupakan suatu proses perubahan secara fisik yang menunjuk kepada kuantitas peserta didik seperti penambahan dalam ukuran bentuk, berat, atau ukuran dimensif serta bagian-bagiannya. Pertumbuhan juga dapat diartikan sebagai perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat dalam perjalanan waktu tertentu. Pertumbuhan ini berkaitan dengan keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah yang herediter dalam bentuk proses aktif secara berkesinambungan. Pertumbuhan fisik meliputi: pertumbuhan sebelum lahir dan pertumbuhan setelah lahir. Pertumbuhan intelek (daya pikir) meliputi: masa sensori motor (0.0 – 2.5 tahun), masa pra-operasional (2.0 – 7.0 tahun), masa konkreto prerasional (7.0 – 11.0 tahun), masa operasional (11.0 – dewasa). Pertumbuhan emosi meliputi. Pertumbuhan lainnya meliptui: sosial, bahasa, bakat khusus, sikap, nilai dan moral. Perkembangan peserta didik adalah suatu proses perubahan secara psikis yang menunjuk pada kualitas peserta didik yang terjadi pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungan yg berawal pada masa konsepsi dan terus berlanjut sepanjang hayat dan bersifat involusi. Istilah perkembangan lebih dapat mencerminkan sifat-sifat yang khas mengenai gejala-gejala psikologis yang menampak, seperti aspek-aspek intelek, emosi, sosial,bahasa, bakat khusus, nilai dan moral, serta sikap. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan peserta didik adalah perubahan secara fisik yang menunjuk kepada kuantitas peserta didik dalam perjalanan waktu tertentu, sedangkan perkembangan peserta didik adalah suatu proses perubahan secara psikis yang menunjuk pada kualitas peserta didik pada suatu waktu.

2 komentar:

  1. According to Stanford Medical, It is in fact the one and ONLY reason women in this country live 10 years more and weigh on average 42 lbs less than we do.

    (And really, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret exercise and absolutely EVERYTHING around "how" they eat.)

    BTW, I said "HOW", not "what"...

    CLICK on this link to find out if this little quiz can help you unlock your real weight loss potential

    BalasHapus